Gemar Meneroka Alam Semesta


1 PELAJARAN I GEMAR MENEROKA ALAM SEMESTA (Teks Laporan Hasil Observasi)
Kegiatan 1: Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi
2 Mengamati teks laporan yang ideal
Laporan: jenis teks yang berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang didasarkan pada hasil observasi. Teks laporan juga sering disebut teks klasifikasi. Teks ini mengutamakan hubungan antara kelas dan sub-subkelas atau anggota-anggota kelas yang ada. Struktur teksnya adalah pernyataan umum/klasifikasi^anggota/ aspek yang dilaporkan.Aspek yang dilaporkan diperinci secara urut.Tidak terdapat semacam penutup yang berupa simpulan atau pandangan penulis teks terhadap pokok yang dikemukakan.Penulis teks hanya melaporkan apa yang dilihat dan yang diketahui.Teks laporan juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentuTeks laporan sering dianggap sama dengan teks deskripsi.
3 Ciri-ciri teks laporan dan teks deskripsi
Bersifat global dan universal.Bersifat unik dan individual.Fokus pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan ciri-ciri setiap jenis pada umumnya.Fokus pada uraian bentuk, ciri-ciri, dan keadaan sesuatu yang dideskripsikan untuk tempat dan waktu tertentu.Berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan sub-subkelasBerkaitan hanya dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya.Aspek yang dilaporkan diperinci secara urut.Tidak terdapat semacam penutup (simpulan atau pandangan penulis).
4 Struktur Teks Laporan Observasi
Struktur teks laporan observasi meliputi: pernyataan umum/ klasifikasi dan aspek yang dilaporkan.Pernyataan umum: pengantar ttg hal yang akan dilaporkan / klasifikasi berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaanaspek yang dilaporkan: pemaparan ttg sesuatu yang dilaporkan, dapat berupa pemaparan bentuk fisik, karakter, dan kebiasaan dr sesuatu tersebut.Misalnya: untuk melaporkan kehidupan harimau dimulai dengan membuat klasifikasi jenis-jenis harimau kemudian memaparkan bentuk fisik, ciri-ciri, habitat, dan kebiasaan hidup harimau.Aspek yang dilaporkan dapat dilakukan dengan memerinci lagi ke bagian yang lebih spesifik.
5 Sistematika Laporan Observasi
Sampul (nama & judul laporan, identitas pembuat)Hal-hal penting yang ditemukan (2W+1H)Laporan ObservasiJudul: Jembatan Harus MemudahkanParagraf 1 (pernyataan umum):Jembatan merupakan.... Jembatan memiliki fungsi untuk... Tugas kita adalah menjaga jembatan tersebut agar tetap berfunsi sebagaimana mestinya.Paragraf 2 dan selanjutnya (aspek yang dilaporkan)Jembatan terdiri atas beberapa jenis,antara lain ..., ...., ...., ..., dan ....Kontruksi jembatan biasanya terbuat dari ..., ..., ...., ...., ..., dan ....Jembatan yang baik haruslah memperhatikan beberapa hal berikut ...., ..., ...., ...., ..., dan ....
6 Pola teks laporan observasi
Tema: Perkembangan Emosi pada RemajaStrutur teksPenjelasanPernyataan Umum/ KlasifikasiPernyataan umum tentang definisi “perkembangan emosi” dan kondisi emosi remaja secara umum yang rentan dg pengaruh lingkungannya: “Perkembangan emosi pada remaja ditandai dengan emosi yang tidak stabil dan penuh gejolak. Pada masa ini suasana hati sangat mudah berubah dengan sangat cepat.”Aspek yang dilaporkan 1Pemaparan tentang “Bentuk-bentuk emosi pada remaja”Aspek yang dilaporkan 4Pemaparan tentang “Hubungan antara Emosi dan Tingkah Laku pada Remaja”Aspek yang dilaporkan 3Pemaparan tentang “Karakteristik Perkembangan Emosi pada Remaja”
7 Contoh pembagian struktur teks laporan
Pernyataan umum atau klasifikasiBenda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.Aspek yang dilaporkanSemua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup.
8 Memahami sinonim dan antonim dlm teks laporan
Kata-kata yang berbeda, tetapi mempunyai makna yang sama disebut sinonim.Kata-kata yang mempunyai makna yang berlawanan disebut antonim.”Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.Kata diklasifikasi dalam kutipan laporan di atas merupakan contoh sinonim dari digololongkan. Dan kata benda hidup dan benda mati dalam kutipan laporan di atas merupakan contoh antonim.
9 diturunkan melalui proses pengimbuhan/afiksasi
Memahami kata dasar menjadi kata bentukan dlm teks laporanCiri-ciri Verbaberposisi predikat dalam kalimat.dingkari dg TIDAK & tidak dpt diingkarkan dg BUKANtidak dapat bergabung dengan kata-kata HIPERLATIF (amat, paling, sangat)Ciri-ciri Nominaberposisi subjek, objek, atau pelengkap dlm kalimat berpredikat verba.diingkari dg BUKAN & tidak dpt diingkarkan dg TIDAKdapat diikuti oleh ADJEKTIVA (kata sifat), baik diantarai maupun tidak oleh kata YANGKata DasarKata bentukan:Verbaditurunkan melalui proses pengimbuhan/afiksasiKata bentukan:Nominamembagikan, berbagi, dibagikanmenggolongkan, tergolong, digolongkanbagigolongbagian, pembagianpenggolong, penggolongan
10 Memahami konjungsi (dan, tetapi, sementara itu, sedangkan, & selanjutnya) dlm teks laporan
Konjungsi adalah kata atau ungkapan yang menghubungkan antar bagian kalimat (kata, frasa, klausa).Konjungsi berfungsi untuk memadukan antar bagian kalimat hingga menjadi kesatuan komunikasi yg benar dan efektif.KonjungsiMaknadanmenambahkan sifat-sifat untuk anggota kelas yang samatetapimenyatakan pertentangan keadaan yang dinyatakan sebelumnyaataumenyatakan pemilihansementara itumenyatakan perbandingan aktivitas yg berbeda tp sejenissedangkanmenyatakan perbandingan aktivitas yg bertentanganselanjutnyamenyatakan kelanjutan dari peristiwa atau keadaanapabilamenyatakan syaratdengan demikianmenyatakan konsekuensioleh karena itumenyatakan akibat
11 Memahami kelompok nomina penjenis dan kelompok nomina pendeskripsi dlm teks laporan
bendapenjenispendeskripsihewanpemangsagemuk/ kuruspemakandagingrakushutanjatigundulbukutulistipis/ teballingkunganhidupbersihdaerahpesesaangersangpadangrumputluasGabungan benda dan penjenis tidak bisa disisipi oleh kata apa pun. Kedua kata itu harus saling berdekatan.Gabungan kata benda dan kata pendeskripsi dapat disisipi, misalnya dengan kata penyangat, seperti sangat atau terlalu dan kata pewatas seperti yang.
12 Memahami kalimat simpleks & kompleks dlm teks laporan
Keberadaan konjungsi dapat menyebabkan sebuah kalimat menjadi kompleks atau simpleks.Kalimat simpleks: terdiri atas satu struktur dengan satu verba utama,Kalimat kompleks: terdiri atas dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih.(a) Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup. (simpleks)(b) Tumbuh-tumbuhan yang ditanam di kebun itu tergolong ke dalam makhluk hidup. (simpleks)(c) Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. (kompleks)(d) Tanaman kacang itu akan tumbuh subur apabila petaninya rajin menyiramnya. (kompleks)
13 Memahami kalimat definisi & kalimat deskripsi dlm teks laporan
Teks laporan sering dimulai dg kalimat definisi tentang penggolongan atau klasifikasi.(a) Mamalia adalah binatang yang menyusui.(b) “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.Kalimat (a) dan (b) dapat dirumuskan menjadi X=Y dengan keterangan bahwa X adalah hewan atau benda yang didefinisikan, Y adalah definisinya, dan tanda sama dengan (=) adalah verba penghubung, seperti adalah, ialah, termasuk, digolongkan, terdiri atas, disebut, dan meliputi.Perlu digarisbawahi bahwa X dan Y berbobot sama atau sepadan.
14 Memahami kalimat definisi dalam teks laporan
Pengujian keakuratan definisi dilakukan dg cara membalik kalimat definisi tsb.Dalam membalik kalimat tsb terkadang harus melakukan modifikasi seperlunya, misalnya dengan mengubah verbanya.Harimau merupakan hewan pemangsa dan pemakan.Hewan pemangsa dan pemakan daging meliputi harimau.Dalam teks laporan sering juga digunakan kalimat deskripsi selain kalimat definisi.Pola kalimat deskripsi tidak dapat dibalik seperti kalimat definisiKalimat deskripsi dapat berisi gambaran sifat benda antara lain, berupa ukuran, warna, rasa, atau sifat-sifat fisik lainnya.
15 LATIHAN
16 Lakukan pengelompokan benda-benda
Lengkapi bagan pengelompokan berikut!benda hiduptumbuhanhewaninvertebrataubur-uburkupu-kupumamaliaSapi, kambing
17 Tentukan sinonim dan antonim kata
istilahsinonimantonimhidupmenyalamatipersamaanbergerakKerasTumbuhUmumBelakangKelompoksebagianPanjangberubah
18 Lengkapi kolom perubahan jenis kata berikut
Kata DasarVerbaNominabagimembagi, membagikan, berbagi, dibagi, dibagikanbagian, pembagiangolongmenggolongkan, tergolong, digolongkanpenggolong, penggolongankelompokjenisbesarkeciltumbuhsamaberbedaumum
19 Buatlah kalimat yang di dalamnya terdapat kelompok nomina dengan penjenis dan kelompok nomina dengan pendeskripsi.bendapenjenispendeskripsihewanpemangsagemuk/ kuruspemakandagingrakushutanjatigundulbukutulistipis/ teballingkunganhidupbersihdaerahpesesaangersangpadangrumputluasGabungan benda dan penjenis tidak bisa disisipi oleh kata apa pun. Kedua kata itu harus saling berdekatan.Gabungan kata benda dan kata pendeskripsi dapat disisipi, misalnya dengan kata penyangat, seperti sangat atau terlalu dan kata pewatas seperti yang.
20 Latihan pemahaman teks laporan
Jelaskan dan lakukan pembagian struktur teks pada teks laporan terlampir!Jelaskan penggunaan kalimat definisi dan kalimat deskripsi pada teks laporan terlampir!Lakukan identifikasi penggunaan kalimat kompleks dan pemanfaatan konjungsi pada teks laporan terlampir!Dengan bantuan diagram, buatlah klasifikasi tentang sistem peredaran darah manusia!Lakukan identifikasi pengubahan kata dasar ke dalam bentuk verba dan nomina pada teks laporan terlampir!Lakukan identifikasi penggunaan penjenis dan pendeskripsi pada teks laporan terlampir!
21 SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah, dan jantung. Semua itu dapat diperinci sebagai berikut. Darah adalah cairan merah yang kental. Terdapat sekitar 3,5 liter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi golongan A, B, O, dan AB. Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit. Pembuluh darah jenis ini memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Adapun pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil. Jantung adalah organ yang berbentuk seperti kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam. Jantung merupakan organ tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik. Rara-rata jantung mempunyai ukuran panjang kira-kira 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. Berat jantung sekitar 300 gram.
22 Latihan 3Saksikan sebuah tayangan video pembelajaran tentang observasi lingkungan berikut!Catatlah beberapa informasi penting yang kamu temukan di dalamnya. Manfaatkan konsep 2W+1H (what-why-how)Diskusikan dengan temanmu perihal penyusunan laporan observasi berdasarkan informasi dari tayangan video tersebut! Perhatikan kelengkapan struktur teksnya!Tandai penggunaan kalimat definisi, kalimat kompleks, kalimat sederhana dalam laporan hasil observasi yang kamu susun!Presentasikan laporan observasimu untuk mendapatkan tanggapan dari teman-temanmu! (dibagi dua kelompok: presentator & pemberi tanggapan)
23 Sistematika Laporan Observasi
Sampul (nama & judul laporan, identitas pembuat)Hal-hal penting yang ditemukan (2W+1H)Laporan ObservasiJudul: Jembatan Harus MemudahkanParagraf 1 (pernyataan umum):Jembatan merupakan.... Jembatan memiliki fungsi untuk... Tugas kita adalah menjaga jembatan tersebut agar tetap berfunsi sebagaimana mestinya.Paragraf 2 dan selanjutnya (aspek yang dilaporkan)Jembatan terdiri atas beberapa jenis,antara lain ..., ...., ...., ..., dan ....Kontruksi jembatan biasanya terbuat dari ..., ..., ...., ...., ..., dan ....Jembatan yang baik haruslah memperhatikan beberapa hal berikut ...., ..., ...., ...., ..., dan ....
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar