Expressing Intention


Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan banyak berinteraksi dengan orang lain. Dan dalam interaksi tersebut, ada kalanya kita perlu menyampaikan maksud atau niat tertentu kepada orang yang kita ajak bicara.
Dalam bahasa Inggris, hal tersebut dikenal dengan Expressing Intention atau mengutarakan maksud/harapan/keinginan. Definisi “intention” sendiri dalam bahasa Inggris adalah “something that you want and plan to do” atau sesuatu yang ingin dan berencana kalian kerjakan.
Di bawah ini adalah berbagai macam cara yang bisa kita terapkan untuk mengutarakan maksud dalam bahasa Inggris, disertai contoh penggunaannya dalam kalimat lengkap dan terjemahannya. Selamat belajar!
1. I intend to… (Saya bermaksud/berniat untuk…)
Contoh:
I intend to have an interview with you (Saya bermaksud untuk melakukan wawancara dengan anda)
I intend to visit my grandma in Bali (Saya berniat mengunjungi nenek saya di Bali)
2. My intention is to… (Saya berniat/bermaksud untuk…)
Contoh:
My intention is to help her the best I can (Saya berniat untuk membantu dia sebaik yang saya bisa)
My intention is to be a diligent student so I won’t disappoint my parents (Saya bermaksud untuk menjadi murid yang rajin sehingga saya tidak akan mengecewakan kedua orang tua saya)
3. I have the intention to… (Saya berniat untuk…)
Contoh:
I have the intention to finish all the job on time (Saya berniat untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan tepat waktu)
I have the intention to buy my parents a new car (Saya berniat untuk membelikan orang tua saya mobil baru)
4. I am going to… (Saya akan/hendak…)
Contoh:
I am going to tell you an old story of mine (Saya hendak memberi tahu padamu sebuah cerita lama dariku)
I am going to spend my money to travel around Bogor (Saya akan menghabiskan uang saya untuk bepergian ke Bogor)
5. I would like to/I would love to … (Saya ingin/Saya mau…)
Contoh:
I would like to have a conversation with your father (Saya ingin berbicara dengan ayahmu)
I would like to inform you further details about the job (Saya ingin menginformasikan kepadamu perincian lebih jauh tentang pekerjaan itu)
6. I will … (Saya akan…)
Contoh:
I will leave this town and live a better life (Saya akan meninggalkan kota ini dan menjalani kehidupan yang lebih baik)
I will tell you anything you wanted to know about him (Aku akan memberi tahu kepadamu apa saja yang ingin kamu ketahui tentang dia)
7. I want to … (Saya ingin…)
Contoh:
I want to paint my walls in yellow, so my room will look brighter (Saya ingin mengecat tembok saya dengan warna kuning, sehingga kamar saya terlihat bisa lebih terang)
I want to go to the library to find some great books to read (Saya ingin pergi ke perpustakaan untuk mencari buku-buku hebat untuk dibaca)
8. I am about to… (Saya akan/Saya hendak…)
Contoh:
I am about to call her to ask what’s going on between them (Saya hendak menelepon dia untuk menanyakan apa yang sedang terjadi di antara mereka)
I am about to buy another pair of shoes for my sister (Saya akan membeli sepasang sepatu untuk saudara perempuan saya)
9. I reckon I will… (Saya rasa saya akan…)
Contoh:
I reckon I will just move out from my parent’s house and live in a flat (Saya rasa saya akan pindah saja dari rumah orang tua saya dan tinggal di apartement
I reckon I will not have any conversation with him for good (Saya rasa saya tidak akan berbincang lagi dengan dia untuk selamanya)
10. I’m determined to… (Saya bertekad untuk…)
Contoh:
I’m determined to lose more weight by going on a diet (Saya bertekad untuk menurunkan berat badan dengan menjalani diet)
I am determined to do whatever is possible to make this work out (Saya bertekad untuk melakukan apa saja yang mungkin untuk membuat ini berhasil)
11. I am planning to/I’m planning on… (Saya berencana untuk…)
Contoh:
I am planning to have another cat or dog as a pet (Saya berencana untuk memelihara kucing lagi atau seekor anjing)
I am planning on visiting my old friends in high school (Saya berencana mengunjungi teman-teman lama saya di SMA)
12. I am here to… (Saya di sini untuk/akan…)
Contoh:
I am here to tell some important news you need to know (Saya di sini untuk memberitahu berita penting yang Anda harus ketahui)
I am here to help you with your new job (Saya di sini akan membantumu dengan pekerjaan barumu)
13. I am thinking of… (Saya berpikiran untuk… – belum ada kepastian)
Contoh:
I am thinking of buying him a new shirt (Saya berpikiran untuk membelikannya baju baru)
I am thinking of cooking some Italian food (Saya berpikiran untuk memasak makanan Italia)
14. I hope to… (Saya berharap untuk…)
Contoh:
I hope to see him when I go there (Saya berharap untuk menemuinya ketika saya pergi ke sana)
I hope to have a baby next year (Saya berharap memiliki anak tahun depan)
15. I might… (Saya mungkin akan…)
Contoh:
I might go to the university and study Chemistry (Saya mungkin akan masuk perguruan tinggi dan belajar Kimia)
I might have to tell you the truth (Saya mungkin harus memberi tahu kenyataannya padamu)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar