Anak

Anak tetap sehat dalam setiap kondisi memang tidak lah mudah, apalagi saat anak sedang disekolah. Untuk menjaganya tetap sehat, Anda bisa menerapkan beberapa perilaku sehat saat anak berada disekolah. Salah satu tempat terbaik untuk anak-anak dengan mudahnya jatuh sakit adalah di sekolah, dengan menerapkan beberapa tips cerdas anak Anda akan tetap dapat sehat di sekolah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan baik bagi Anda, atau merapkannya pada pengasuh anak Anda:
1. Beri bekal minuman secukupnya
Seringkali anak tergoda membeli minuman disekolah terutama minuman sejenis sirup, atau minuman bersoda yang diberi zat pewarna, warnanya yang mencolok membuat anak tergiur. Berilah ia pengertian bahwa minuman seperti itu tidak sehat dan bisa membuatnya sakit. Karena itu, siapkan bekal sebotol minuman air mineral di dalam tasnya. Bila anak suka air sirup, katakan agar ia meminumnya di rumah sepulang sekolah. Membawakannya air sirup sebaiknya dihindari untuk mencegahnya kebanyakan mengosumsi gula.
2. Variasi makanan sangat penting
Kadang anak merasa bosan bila menu bikinan anda bentuknya itu-itu aja, tidak heran ia memilih membeli jajan. jadi daya kreatifitas bunda dituntut lo, yakni untuk membuat makanan-makanan unik utnuk menarik perhatiannya.
3. Batasi memberikan uang saku
Dengan memberikan uang saku yang berlebihan, akan mendorong anak untuk konsumtif mereka akan merasa memiliki kemampuan untuk membeli apapun yang diinginkan, meskipun berbahaya bagi kesehatannya. Karena itu sebaiknya batasi uang saku, agar ia membeli hanya sesuai kebutuhannya saja.
4. Berikan vitamin secukupnya
Aktivitas anak yang padat seringkali membuat daya tahan tubuhnya menurun, apalagi setelah pulang sekolah, masih harus mengikuti serangkaian kursus atau ekstrakurikuler lainnya Karena itu sangat penting memberikan tambahan vitamin untuk memperkuat stamina tubuhnya.
5. Menjelaskan bahaya jajan sembarangan
Anak jaman sekarang sering kali tidak bisa menerima begitu saja larangan yang diberikan orang tuanya, karena itulah perlu memberikan penjelasan yang bisa dimengerti mereka mengapa dilarang membeli jajanan atau makanan sembarangan. Penjelsan sederhana, sebaiknya juga di beri gambaran atau contoh kongkrit, seperti banyaknya berita TV anak mengalami diare, maka anak akan memahami dan akhirnya mau menghindarinya.
Kesehatan anak merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal ini terkait dengan proses tumbuh kembangnya. Jika kesehatannya terganggu maka akan berdampak buruk terhadap pertumbuhannya. Secara umum, kesehatan menjadi prioritas utama supaya si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Menjaga kesehatan anak, bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk memberikan asupan makanan yang bergizi.
Agar si kecil tidak mudah sakit maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan sistem imun tubuhnya. Apabila sistem kekebaln tubuhnya sudah terbentuk dengan baik maka Anda tidak perlu khawatir akan bahaya infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui dan bahkan banyak yang mengabaikan kesehatan anak. Padahal sebenarnya kesehatan menjadi faktor penting dalam tahap pertumbuhan.
Pada dasarnya untuk membentuk dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak bukanlah perkara yang sulit. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan yang bergizi seimbang dan senantiasa menjaga kebersihan si kecil dari berbagai aspek. Hal inilah yang menjadi permasalahn dasar para orangtua. Terkadangn tidak memperdulikan kebersihan lingkungan, makanan ataupun pakaian sehingga anak sering sakit.

Berikut Ini Tips Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

  • Perhatikan pola makan
Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak balita yaitu dengan menerapkan pola makan. Dalam tahapan ini Anda harus senantiasa memberikan asupan makanan yang bergizi untuk si kecil. Kebutuhan nutrisi bagi anak dalam masa pertumbuhan lebih banyak dan bahkan dua kali lipat dari kebutuhan nutrisi orang dewasa.
Sumber makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti buah atau sayuran penting sekali bagi anak. Vitamin berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun si kecil supaya tidak mudah terserang infeksi penyakit. Secara umum makanan yang  Anda sajikan untuk anak harus mencakup kebutuhan gizi empat sehat lima sempurna.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar